Resep Cara Membuat Martabak Mini Sosis

Advertisement
Kelezatan martabak mini memang sangat pas jika disajikan saat santai bersama keluarga. Apalagi martabak mini kali ini ditambah dengan sosis, dijamin disukai keluarga anda apalagi untuk anak-anak bisa dijadikan buat bekal sekolah juga. Martabak merupakan camilan yang disukai semua kalangan baik tua maupun muda dan tidak terpengaruh oleh cuaca sehingga dapat menjadi peluang usaha jajanan sepanjang masa bagi anda yang baru memulai usaha. Martabak mini adalah martabak manis yang dibuat dengan ukuran kecil alias mini sehingga orang dibuat susah untuk menyantapnya. Biasanya, martabak dibuat dalam ukurun loyang besar kemudian dipotong-potong agar mudah untuk memakannya, namun dengan adanya martabak mini ini kita tidak harus repot memotongnya tinggal dilipat langsung hap deh. Martabak mini lebig simple dan praktis dalam pembuatannya karena ukurannya yang mini sehingga sangat pas dibuat untuk camilan yang tidak terlalu mengenyangkan dan dapat memudahkan untuk menyantapnya juga. Untuk membuat martabak mini sangat mudah, jangan lupa untuk menyiapkan bahan-bahan dan cetakan martabak mininya terlebih dahulu.

Bahan-Bahan :
250 gr tepung terigu protein rendah
1/4 sdt baking powder
20 gr susu bubuk
1/2 sdt garam halus
50 gr gula pasir
1/2 sdt ragi instan
300 ml air
3/4 sdt soda kue
3 btr telur
25 gr margarin cair

Bahan Topping :
250 ml susu cair
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
2 sdm tepung maizena
1 btr kuning telur
50 gr keju cheddar, parut
8 buah sosis

Cara Membuat :
  • Isi : campur susu cair, maizena, gula pasir dan garam. Rebus diatas api sedang sampai mendidih dan meletup-letup sambil diaduk terus agar tidak menggumpal. Kecilkan api, masukan kuning telur, aduk cepat sampai tercampur rata. Besarkan api dan masak lagi sampai meletup-letup, tambahkan keju cheddar parut. Aduk sampai larut. Matikan api. Angkat. Sisihkan
  • Martabak : campur rata terigu, garam, susu bubuk, baking powder dan setengah bagian gula pasir. Tuang air sedikit demi sedikit ke dalam campuran terigu sambil di keplok-keplok sampai adonan merata sempurna. Masukan ragi instan. Aduk rata kembali. Diamkan adonan selama 30 menit, tutup rapat.
  • Kocok telur dan sisa gula pasir sampai gula tercampur rata. Tuang ke dalam adonan terigu sambil diaduk. Tambakan soda kue dan margarin cair. Aduk rata.
  • Tuang satu sendok sayur adonan ke dalam cetakan martabak yang sudah dioles mentega. Tutup cetakan, biarkan sampai adonan matang. Jika bagian pinggir adonan sudah kering dan martabak sudah berpori/ berlubang kecil, martabak sudah boleh diangkat.
  • Oles bagian isi pada atas martabak kemudian tambahkan sosis, lipat dua.
Resep membuat martabak mini sosis ini sangat mudah dibuat dan tentunya sangat enak dan lezat untuk disajikan menemani saat santai anda bersama keluarga. Selamat mencoba resep martabak mini sosisnya :) Ada juga resep martabak yang lainnya, martabak mini silahkan dicoba.
Advertisement