Resep Cara Membuat Pempek Tanpa Ikan atau Pempek Dos

Advertisement
Membuat pempek tidak selalu harus menggunakan ikan, anda juga dapat menggunakan telur sebagai pengganti ikan dalam membuat pempek. Rasa yang dihasilkan dari telur tidak kalah enaknya dengan pempek yang terbuat dari ikan. Resep membuat pempek tanpa ikan merupakan resep yang sederhana dan ekonomis. Jika harga dari ikan tenggiri terlalu mahal maka sebagai solusinya mengganti bahan baku pempek ikan ini dengan telur, rasa dari pempek telur ini juga enak, empuk dan gurih. Resep pempek tanpa ikan adalah resep yang dapat anda coba untuk membuat pempek. Pempek tanpa ikan ini biasa disebut juga dengan pempek dos. Pempek dos memiliki rasa yang gurih dan empuk, teksturnya juga lembut dan ketika digoreng jadi garing. Untuk membuat pempek dos ini anda dapat mengikuti resep berikut.

Bahan - bahan :
200 gr tepung terigu
300 gr tepung kanji/ tapioka
2 butir telur
250 ml air
1 sdm garam
1 sdt bawang putih bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt penyedap rasa jika suka
3 butir telur kocok lepas untuk isian

Bahan Cuka Pempek :
2 bulatan besar gula aren/ gula merah
1 siung bawang putih, haluskan
3 buah cabai merah/ sesuai selera, haluskan
2 sdm air asam dari 1 sdm asam
1 sdm gula pasir
1 sdm garam
100 ml air

Cara Membuat :
  1. Cuka : rebus gula merah dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan garam, gula pasir dan air asam jawa.Tunggu sampai air mendidih dan cuka kental. Angkat kemudian saring.
  2. Pempek : Didihkan air dengan garam, bawang putih, merica dan penyedap rasa. Jika air sudah mendidih masukan terigu sedikit demi sedikit, aduk rata pakai spatula kayu dengan cepat agar tepung tidak menggumpal dan gosong. Angkat. Diamkan sebentar.
  3. Pindahkan tepung ke dalam wadah, masukan telur satu persatu, aduk rata menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi, aduk sampai adonan menyatu dan lembut.
  4. Masukkan tepung kanji sedikit-demi sedikit sampai tepung habis, aduk rata menggunakan tangan sampai adonan tidak lengket dan dapat dibentuk.
  5. Bentuk adonan seperti membentuk pastel, isi dengan telur yang sudah dikocok lepas dengan sedikit garam. Pastikan telur tidak menetes ke bagian pinggir adonan agar adonan dapat dirapatkan. (Jika bagian pinggir adonan terkena tetesan telur, adonan sulit dibentuk karena licin).
  6. Rebus pempek yang sudah dibentuk seperti pastel sampai pempek terapung dan bagian isinya menjadi keras. Kemudian angkat. Tiriskan.
  7. Goreng pempek dalam minyak panas dengan api sedang sampai pempek berwarna kecoklatan dan matang sempurna. Angkat. Tiriskan.
  8. Sajikan pempek bersama saus cuko-nya selagi hangat.
Selamat mencoba :)

Advertisement