Resep Membuat Cireng Enak dan Cara Membuatnya

Advertisement
Resep cireng tanpa isi ini sangat mudah dibuat. Bahan untuk membuat cireng hanya sederhana dan mudah didapat. Bahan utama untuk membuat cireng adalah tepung kanji/tapioka yang dalam bahasa sundanya yaitu tepung aci. Cireng sendiri merupakan jajanan kuliner khas Bandung yang sangat laris, enak dan pastinya sangat disukai anak-anak. Rasa cireng yang gurih dan kenyal ditambah dengan cocolan sambal kacang atau sambal bumbu rujak pasti menambah citarasa dari cireng itu sendiri. Jajanan cireng merupakan jajanan yang murah meriah dan enak rasanya. Banyak variasi cireng yang dijual di pasaran, cireng diisi dengan aneka rasa dan isi, untuk membedakan masing-masing rasa, biasanya cireng dibentuk khas dengan bentuk love, bintang, bulan sabit, bunga, segitiga dll. Untuk resep kali ini adalah resep cireng tanpa isi yang sangat enak. Cireng ini merupakan cireng rasa original yaitu tanpa ada isi, jadi dapat anda sajikan dengan bebagai varian sambal. Untuk membuatnya silakan ikuti resep berikut :

Bahan dan bumbu :
250 gr tepung kanji
1 sdm tepung terigu protein rendah
3 siung bawang putih, haluskan
2 batang seledri, iris halus
2 batang daun bawang, iris halus
1/4 sdt merica biji, haluskan
1 sdm garam
1/4 sdt penyedap rasa (optional)
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 kg minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
  1. Campur tepung kanji dengan tepung terigu, tambahkan garam, penyedap rasa dan merica. Masukan irisan daun bawang dan seledri. Aduk rata.
  2. Tumis bawang putih dengan 2 sdm minyak sayur sampai harum, lalu tuang santan. Masak hingga santan mendidih, angkat.
  3. Selagi panas, tuang santan ke dalam campuran tepung, lalu uleni adonan cireng menggunakan tangan hingga kalis dan dapat dibentuk. Bentuk sesuai selera atau bentuk bulat kemudian pipihkan.
  4. Goreng cireng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai cireng matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat. Tiriskan dengan dialasi tissu agar dapat menyerap minyak.
  5. Sajikan cireng selagi hangat, siapkan dengan sambal kesukaan anda. Anda juga dapat menyajikannya dengan sambal kacang atau sambal bumbu rujak.
Tidak terlalu sulit kan membuat cireng dengan rasa gurih dan enak ini. Sekarang anda tidak perlu lagi jajan di luar, karena keluarga anda pasti lebih menyukai cireng buatan anda sendiri alias cireng homemade. Anda juga dapat mencoba varian lain yaitu klik resep cireng isi yang rasanya tidak kalah lezat.

Advertisement