Resep Cara Membuat Cireng Bumbu Rujak

Advertisement
Resep cireng bumbu rujak ini semakin hari semakin banyak dicari, jajanan khas kota Bandung ini menjadi camilan yang di sukai banyak orang, apalagi sekarang banyak variasi dari cireng yang sedikitnya merubah versi cireng jaman dulu alias jadul dan sekarang menjadi jajanan modern. Cireng memang jajanan murah meriah namun sekarang sudah tidak murahan lagi. Cireng sudah banyak dipasarkan melalui media online sehingga banyak orang yang tidak tahu cireng dan tidak tahu bagaimana rasanya cireng menjadi tahu. Cireng yang memiliki tekstur garing di luar dan empuk sedikit alot di dalam ini menyajikan rasa yang berbeda dari makanan pada umumnya. Apalagi cireng bumbu rujak merupakan makanan yang banyak disukai oleh tua dan muda.Tidak salah rasanya jika anda menyajikan cireng bumbu rujak pada saat kumpul bersama keluarga. Cireng dibuat dari tepung aci/kanji yang digoreng, sebagai pelengkapnya cireng dapat disajikan dengan berbagai sambal atau saos dan sekarang ini bayak yang menyajikan cireng dengan bumbu rujak. Anda ingin tahu cara membuat cireng dan cara membuat bumbu rujak untuk cireng? berikut resep membuat cireng bumbu rujak yang dapat anda praktekkan di rumah :

Bahan dan bumbu Cireng :
250 gr tepung kanji atau tepung tapioka (tepung aci)
2 siung bawang putih, haluskan
1 batang daun bawang, iris halus
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm garam
1/2 sdt penyedap rasa (jika suka)
120 ml air panas

Biang :
50 gr tepung kanji
150 ml air panas

Bahan sambal bumbu rujak :
1 bulatan gula jawa (gula merah)
1 sdm air asam (dari 2 sdm asam jawa yang dicampur air)
2 sdm kacang tanah goreng, haluskan
5 buah cabe merah keriting
2 buah cabe rawit
1 sdm garam halus
3 sdm air hangat (menyesuaikan selera kekentalan yang diinginkan)

Cara Membuat :
  1. Campurkan bahan biang, uleni sampai rata. Jika tidak ada air panas, masak bahan biang di atas api sampai menjadi adonan seperti lem. Angkat. Sisihkan.
  2. Campur semua bahan seperi tepung kanji, bawang putih, daun bawang, merica, garam dan penyedap rasa. Aduk sampai tercampur rata. Masukan adonan ke dalam bahan biang sedikit demi sedikit. Tambahkan air secukupnya sampai adonan dapat dibentuk dan tidak terlalu lengket di tangan. Taburkan kanji pada tangan jika masih lengket.
  3. Bentuk adonan menjadi bulat beri taburan tepung kanji pada adonan agar tidak menempel satu sama lain. Cubit cubit bagian atasnya agar lebih garing.
  4. Goreng adonan cireng yang sudah dibentuk bulat dalam minyak padat yang sudah dipanaskan. Gunakan api sedang. Goreng sampai matang kecoklatan. Angkat. Tiriskan dengan mengalasi bagian bawah piring dengan tissue.
  5. Sajikan cireng hangat lengkap dengan bumbu rujaknya.
Cara Membuat BumbuRujak :
Campur semua bahan bumbu rujak, ulek sampai halus, tambahkan air asam jawa dan masukan air matang sedikit demi sedikit sampai bumbu rujak kental.
Bumbu rujak siap untuk disajikan.
Advertisement