Resep Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Advertisement
Resep olahan kulit manggis yang kaya akan manfaat dan khasiat kini sudah banyak dibuat dengan aneka macam resep minuman maupun obat-obatan herbal. Bukan rahasia lagi bahwa kulit manggis ini mengandung banyak manfaat yang banyak dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan yang dimiliki kulit manggis memang sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit dalam tubuh manusia, hal ini sudah banyak dibuktikan oleh para pakar kesehatan dari berbagai belahan dunia. Tidak salah jika buah manggis ini dijuluki sebagai "The queen of fruit" karena khasiatnya yang besar yaitu kandungan zat antioksidan tertinggi di dunia. Di dalam kulit manggis terkandung senyawa xanthone yang tinggi dimana fungsi xanthone sendiri sangat bermanfaat untuk membunuh berbagai jenis bibit penyakit seperti penyakit jantung, hypertensi dan trombosis. Kandungan xanthone dalam kulit manggis dapat mencapai 123,97 mg/ml. Aktifitas xanthone dalam kulit manggis bekerja sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang mana mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel serta menghambat sampai membunuh pertumbuhan sel-sel kanker ganas yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Oleh karena itu, buah manggis ini sangat kaya akan manfaat dan khasiat, selain buahnya yang manis kulitnya yang pahit pun mengandung banyak manfaat. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi obat herbal dari kulit manggis ini secara teratur. Untuk membuat minuman dari kulit manggis ini sangat mudah, tapi mungkin rasanya sedikit pahit dan getir walaupun sudah diberi tambahan gula. Untuk menetralisir rasa kulit manggis yang pahit, anda dapat menambahkan jenis buah-buahan lainnya dan hal ini tidak mengurangi manfaat dari kulit manggis ini lho.

Bahan Jus Kulit Manggis :
3 butir buah manggis segar, pisahkan buahnya
2 sdm gula aren karena rendah kalori
1 sdm madu
250 ml air matang
es batu secukupnya

Cara Membuat Jus Kulit Manggis :
  1. Kerok mengunakan sendok, kulit manggis yang bagian dalam, hati-hati jangan kena getahnya yang berwarna kuning dan bagian kulit yang berwarna hitam agar jus tidak terasa pahit.
  2. Rebus hasil kerokan kulit buah manggis, hal ini dapat meminimalisir rasa pahit dari kulit manggis. Simpan air sisa rebusan tadi di dalam kulkas untuk digunakan sewaktu-waktu sebagai obat terapi penyakit lainnya. Anda dapat juga tanpa merebus kerokan kulit manggis ini, namun hasil jus manggis nantinya akan lebih kental pekat dan sedikit pahit.
  3. Siapkan blender, masukan rebusan kulit manggis beserta gula dan madu. Tambahkan air dan es batu secukupnya. Tambahkan juga buah lainnya seperti alpukat jika anda suka. Blender sampai halus.
  4. Sajikan jus kulit manggis selagi segar. Sisanya anda dapat menyimpan jus kulit manggis ini dalam lemari pendingin.
Tips :
  • Minum jus kulit manggis ini seperti aturan minum obat, yaitu 3X sehari 3-4 sedok setelah makan.
  • Karena rasa jus kulit manggis ini getir dan pahit, anda dapat menambahkan jenis buah-buahan lainnya seperti perasan air jeruk, cuka apel dll agar rasanya lebih nikmat.
  • Tidak dianjurkan untuk meminum jus kulit manngis sebelum makan, karena dikhawatirkan menimbulkan rasa mual dan ingin muntah serta buang air.
  • Simpan kulit manggis dalam wadah tertutup di dalam lemari pendingin karena bagian kulit manggis ini cepat sekali menghitam jika terkena udara.
  • Akan terasa mual dan tidak enak pada pertama kali mencicipi jus buah manggis ini, namun anda jangan khawatir karena hal ini tidak berbahaya. Jika minum jus kulit manggis ini sudah teratur maka hal ini akan hilang dengan sendirinya dan perut anda bisa menerimanya dengan baik.
Anda sudah siap untuk mencoba membuat jus kulit kulit manggis dan merasakan khasiatnnya? diharapkan anda mengkonsumsinya secara konsisten dan teratur sehingga anda dapat merasakan manfaatnya yang luar biasa. Anda juga dapat membuat olahan kulit manggis lainnya seperti es krim kulit manggis klik disini.Jika anda suka dengan artikel ini silakan bagikan kepada teman dan saudara melalui facebook atau twitter.
Advertisement