Resep Cara Membuat Saus Bolognaise

Advertisement
Saus bolognaise yang biasa disajikan dengan spageti ini dapat anda buat dengan mudah, saus bolognaise dapat disajikan dengan berbagai macam makanan, selain menambah citarasa makanan saus bolognaise juga membuat makanan yang kita hidangkan menjadi lebih istimewa. Saus bolognaise termasuk salah satu pasta yang sangat disukai, bolognaise atau dalam bahasa italinya bolognese merupakan saus yang bahan dasarnya adalah daging untuk pasta. Dulu, bolognaise ini digunakan secara tradisional untuk menghias telur pasta tagliatelle (tagliatelle alla Bolognese) dan lasagna hijau. Saus bolognese berasal dari Bologna, Italy. Pada abad ke-5 inilah saus bolognese berawal, saus bolognese didaftarkan oleh delegasi Bolognese Accademia Italiana della Cucina pada tahun 1982. Setelah mendaftarkan saus bolognese ini, orang-orang Bologna menjadi lebih terkenal. Mereka menambahkan saus bolognese sebagai penambah rasa pada makanan, namun sekarang ini saus bolognaise seringkali menjadi penghias makanan dimana sausnya seringkali diletakan di atas makanan saja tanpa dicampur. (http://www.wikipedia.org) Saus bolognaise mempunyai rasa yang manis walau pun sausnya berwarna merah, hal ini dikarenakan saus bolognaise terbuat dari buah tomat dan biasanya tomat yang digunakan adalah trosttomat, roma tomat dll. Untuk membuat saus bolognaise yang enak berikut resepnya :

Bahan-bahan :
100 gr daging giling
3 sdm minyak zaitun
1 siung bawang bombay
2 siung bawang putih
50 gr mix vegetable
150 gr saus tomat
2 buah tomat segar, potong-potong
50 ml air
1/2 sdt oregano
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir
1/2 sdt basil
100 gr keju cheddar parut

Cara Memasak :
  1. Panaskan minyak zaitun, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukan daging giling, masak sampai daging berubah warna.
  2. Masukan mix vegetable tunggu sampai layu, tambahkan tomat yang sudah dipotong, saus tomat dan air. Masak sampai mengental. Tambahkan garam, merica, gula pasir, oregano dan basil. Aduk rata. Angkat.
  3. Tuang saus bolognaise di atas piring, beri taburan keju cheddar parut.
Bagaimana? sekarang anda tertarik untuk membuat saus bolognaise sendiri di rumah?! yuk mulai membuatnya, dijamin keluarga anda pasti suka.


Advertisement