Resep Cara Membuat Nastar Spesial

Advertisement
Kue nastar merupakan salah satu kue kering lebaran yang dinantikan keluarga. Cara membuat kue nastar ini memang mudah namun kadang-kadang hasilnya tidak selalu memuaskan. Kue nastar klasik yang selalu dinanti di hari lebaran ini, sudah menjadi ciri khas kue lebaran yang sudah membudaya di negara kita. Rasanya yang manis dengan selai nanas di dalamnya membuat kita ingin selalu menghadirkannya di rumah. Apalagi kalau kita makan kue nastar yang makprul dan lembut, hmmm... pasti nambah terus deh. Mau tau resep agar kue nastar menjadi makprul dan lembut saat dimakan?! Ini resepnya !

Bahan Kulit :
350 gr tepung terigu protein rendah
150 gr butter
100 gr margarin
3 buah kuning telur
100 gr gula halus
50 gr susu bubuk
1/4 sdt garam
1 sdt vanili

Bahan Isi :
500 gr buah nanas palembang
150 gr gula pasir
2 batang cengkeh
3 cm kayu manis
1/4 sdt garam

Bahan Olesan :
3 kuning telur ayam kampung (kocok)

Cara Membuat :
  1. Siapkan selai nanas untuk bahan isian terlebih dahulu. Cara membuatnya : parut nanas yang sudah dibersihkan, masukan ke dalam wajan, tunggu sampai air nanas habis. Masukan gula pasir, garam, cengkeh dan kayu manis, aduk rata, tunggu kembali sampai nanas kering dan dapat dipulung. Angkat.
  2. Setelah bahan isian dingin, bentuk bulat-bulat, pisahkan dalam wadah, lalu simpan dalam lemari es.
  3. Cara membuat adonan kulit nastar : kocok mentega, butter, gula halus dan vanili dengan mixer kecepatan rendah, hanya sebentar, sampai adonan lembut dan tercampur. Tambahkan kuning telur satu persatu, aduk rata kembali dengan mixer kecepatan rendah sebentar, matikan.
  4. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata dengan menggunakan spatula plastik. Bungkus adonan dengan plastik (wrap), istirahatkan adonan dalam lemari es kira-kira 1 jam.
  5. Panaskan oven kira-kira 20 menit dengan api kecil.
  6. Bentuk bulat adonan dan isi tengahnya dengan selai nanas yang sudah disiapkan. Usahakan agar adonan tidak terlalu lama dipegang tangan karena mengakibatkan pada hasil akhir kue.
  7. Atur adonan yang sudah dibulatkan di atas loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti, beri jarak antar adonan. Oven kue pada suhu 150' C selama 15 menit, keluarkan kue untuk diberi olesan kuning telur, kemudian panggang kembali kira-kira 15 menit, atau sampai kue matang dan berubah warna menjadi kuing kecoklatan. Angkat.
  8. Biarkan kue nastar dingin terlebih dahulu, barulah kemudian boleh dimasukan ke dalam toples yang ditutup rapat.
Advertisement