Resep Cara Membuat Donat Kentang Empuk

Advertisement
Donat kentang yang empuk memang enak jika disajikan dengan teh hangat atau kopi. Selain rasanya yang gurih aneka topping donat pun beragam. Topping donat dapat dibuat dari berbagai bahan, mulai dari yang sederhana sampai yang mewah. Bentuk donat sekarang ini tidak harus berlubang, banyak juga donat yang diberi isi, baik dengan coklat, kacang almond, selai, vla dan aneka campuran lainnya. Donat kentang empuk paling banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan, baik muda maupun tua. Donat kentang ini sangat cocok jika disajikan ketika ada saudara berkunjung ke rumah. Yuk coba resep membuat donat kentang yang empuk berikut.

Bahan-bahan :
400 gr terigu protein tinggi
100 grterigu protein sedang
300 gr kentang yang sudah direbus, haluskan
1 btr kuning telur
1 ½ sdt fermipan (ragi instan)
75 gr margarin
75 gr gula pasir
1 sdt garam halus
150 ml air es
minyak untuk menggoreng

Cara membuat donat kentang empuk :
  1. Campurkan terigu, fermipan dan gula pasir. Aduk menjadi satu hingga tercampur rata. Masukan kentang aduk rata kembali. Tambahkan air dengan kuning telur, uleni sampai adonan kalis. Masukan mentega dan garam, uleni hingga elastis dan tindak lengket ditangan. (kalau adonan lengket, tambahkan terigu sedikit).
  2. Diamkan adonan hingga mengembang dua kali lipat. Tutup rapat adonan agar mengembang sempurna.
  3. Setelah adonan donat mengembang, kempiskan adonan. Ambil dan bulat-bulatkan adonan menjadi 50 gr atau sesuai selera. (jika adonan lengket, siasati dengan melumuri tangan dengan minyak sebelum membulat-bulatkan adonan).
  4. Cetak adonan menjadi bulat dan berlubang, tunggu kembali sampai adonan mengembang.
  5. Segera siapkan wajan dan isi dengan minyak goreng, panaskan minyak dengan api sedang/ kecil, tunggu hingga minyak benar-benar panas.
  6. Goreng donat kentang hingga berwarna kuning kecoklatan.Angkat. Tiriskan.
Donat kentang yang empuk siap untuk dinikmati keluarga.
Advertisement